Tujuh Belasan : My First Wordpress Plugin

Walaupun sudah mendekati akhir bulan Agustus, tapi semangat tujuh belasan masih belum hilang. Yah, meskipun lombanya nggak menang sih :D. Hehehe... Dan untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa kita ini, (akhirnya) aku telah membuat Plugin Tujuh Belasan untuk Wordpress

huuu..huuu...*bukannya tepuk tangan, malah ejekan yg dikasih*

Halah, paling-paling cuma plugin ecek-ecek


Tenang dulu sodara-sodara. Memang aku ini bukan kayak mas Michael ataupun bang Jai, tapi sebodoh-bodohnya saya, paling nggak harus membuat satu hal baru setiap bulannya.

adaw....adaw...*sekarang dilempar kacang karena pernyataannya nggak bisa dipercaya*


Aslinya, postingan ini merupakan postingan untuk mengedit lirik plugin Hello Dolly, tapi karena aku kira banyak orang yang bisa mengedit plugin itu, aku ubah aja deh judulnya dari Memperingati 17-an dengan Plugin Hello Dolly menjadi Tujuh Belasan : My First Wordpress Plugin..hihihi...

Untuk mengubah lirik plugin Hello Dolly, ikuti langkah berikut ini (aku akan menjelaskan hanya jika anda menggunakan web based FTP client, bukan dengan Filezilla atau SmartFTP, lha wong aku nggak ngerti :p)
1. Masuk ke web based FTP client menggunakan isian sebagai berikut
  1. FTP server : isi dengan contoh ftp.domainanda.com.Untuk box portnya, isi dengan angka 21 atau biarkan kosong
  2. Username : isi dengan username yg diberikan pihak hostingan
  3. Password : isi dengan password yg anda set
  4. Initial directory : sebaiknya isi dengan /public_html/wp-content/plugins/
  5. Languange : pilih yg bahasa Inggris, emang anda bisa pakai bahasa Cina?
  6. Skin : terserah, tapi aku saranin yg blue ajah
  7. FTP mode : isi aja yg Binari, soalnya aku nggak tahu buat apa :D
  8. Lalu tekan Login
Ketika sudah masuk, klik tombol Edit pada bagian hello.php. Ganti semua yg ada dengan ini
<?php
/*
Plugin Name: Tujuh Belasan
Plugin URI: http://gudang-html.blogspot.com/
Description: Ini bukan hanya plugin biasa, plugin ini menyimbolkan harapan bangsa Indonesia dengan lirik lagu 17 Agustus Ketika diaktifkan di dasbor, plugin ini akan memunculkan lirik acak dari lagu 17 Agustus di setiap halaman dasbor.
Author: Istifajar
Version: 1.0
Author URI: http://gudang-html.blogspot.com/
*/

// Lirik-lirik lagu 17 Agustus
$lyrics = "17 Agustus 1945
17 Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka, nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Mer- De- Ka!'
Sekali merdeka tetap merdeka!
Selama rakyat masih dikandung bangsa
Kita tetap, setia...tetap, sedia!
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap, setia...tetap, sedia!
Membela negara kita";

// Disini kita membelahnya ke dalam baris-baris
$lyrics = explode("\n", $lyrics);
// And then randomly choose a line
$chosen = wptexturize( $lyrics[ mt_rand(0, count($lyrics) - 1) ] );

// Ini hanya mengeluarkan garis yang dipilih. Kita akan menempatkannya setelah ini
function hello_dolly() {
global $chosen;
echo "<p id='dolly'>$chosen</p>";
}

// Sekarang kita membentuk fungsi untuk mengeksekusi ketika admin_footer sedang loading
add_action('admin_footer', 'hello_dolly');

// Kita membutuhkan beberapa kode CSS untuk memosisikan liriknya
function dolly_css() {
echo "
<style type='text/css'>
#dolly {
position: absolute;
top: 2.3em;
margin: 0;
padding: 0;
right: 10px;
font-size: 16px;
color: #d54e21;
}
</style>
";
}

add_action('admin_head', 'dolly_css');

?>


Bagi yg bisa CSS silahkan oprek sendiri ya :). Untuk lirik lagunya bisa diubah sesuai kemauan. Mau lagu dangdut, poco-poco..poko'e terserah. Dan setiap lirik berada di satu baris.

Oya, tolong jangan mengubah apapun mulai dari poin Plugin Name sampai Author URI. Hargailah saya..plisss...

Nha, sembari anda mempraktekannya, aku mau ngerjain PR dulu ahh..

Catetan : Kayaknya nanti akan ada beberapa artikel yg saya posing akan bertemakan Wordpress. Ditunggu ya!


Category Article