Disaat Wajah Blog "Bermutasi"

Sudah bosan dengan penampilan blog anda selama ini? Ya, daku juga demikian kalau terus melihat wajah blog ini sama dalam waktu 2 bulan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menempuh 2 cara. Cara pertama adalah cara yang umum. Yaitu men-download/mengunduh template atau theme dari pihak ketiga. Untuk pengguna Blogspot cukup upload di halaman Layout -> Edit-HTML. Dan bagi anda pengguna Wordpress cukup opload theme di direktori /public_html/wp-content/themes/.

Akan tetapi, pernahkah terlintas di benak anda untuk membuat template atau theme sendiri untuk blog anda. Selain tidak bisa ditiru orang lain karena memang anda yang hanya tahu kode membuatnya, juga meningkatkan gengsi karena template atau theme buatan sendiri. Untuk yang satu ini, anda bisa benar-benar membuatnya (maksud saya anda benar-benar membuat kode template/theme-nya) ataupun memodifikasi template atau theme buatan orang lain. Bagaimana? Tertarik untuk menarikan jari-jemari di atas keyboard demi wajah baru blog anda. Silahkan klik link "Selengkapnya".......


1. Tiru Situs Orang Lain
Dengan cara meniru situs orang lain, maka blog anda akan menjadi pusat perhatian. Iya kan? Sebagai contoh daku pernah mengunjungi sebuah blog yang benar-benar mirip dengan situs pencari digital ; Yahoo!. Setelah saya lihat shoutbox-nya. Sebagian besar pengunjung yang menulis di shoutbox tersebut mengatakan bahwa kagum akan desain blog yang mirip situs Yahoo!.

2. U N I K : Beda Dari yang Lain
Untuk membuat sesuatu yang terkesan unik, mau nggak mau kita harus mengerahkan waktu dan pikiran juga ide. Dalam dunia blog juga begitu. Saya beri contoh ; anda tahu Michael Jubel, desainer theme wordpress yang ciamik abis dari Kota Kembang? Platformate, Linoluna dan Arthemia (beserta versi premiumnya) adalah buah karyanya. Mau tahu kenapa theme buatannya unik? Kunjungi situs pribadinya (http://michaeljubel.com)

3. Tambahkan Juga Beberapa Fitur yang Unik
Untuk makin mem-per-unik-kan blog anda, anda bisa menambahkan beberapa fitur yang unik di blog anda. Misalnya widget "Pintu Geser" yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu. Atau anda bisa mengunjungi http://dynamicdrive.com untuk penambahan fitur-fitur lainnya. Namun, jangan banyak-banyak, karena sebagian besar mengandung Javascript. Intinya, kurangilah kode-kode javascript dan perbanyaklah kode-kode iklan..hehehe... *ga' nyambung :p*

Duh, nggak disangka-sangka waktu akan memisahkan kita berdua :D. Ya udah, kalau begitu silahkan anda praktekan kalau anda mau.Oh ya, kalau anda mau silahkan tulis pendapat anda di kotak komentar mengenai pemakaian template buatan pihak ketiga dan template buatan sendiri. Mengapa tidak?

Be Creative and Look Around For Ideas.....


Category Article