Berbeda? Mengapa Tidak? (Seri 1)

Seperti kita ketahui, jutaan blog terlahir setiap saat dari engine Blogspot, Wordpress, TypePad dan sebangsanya. Untuk mendapatkan hati masyarakat tentang blog anda memang bukan perkara mudah. Bukan seperti membalikkan telapak tangan. Salah satu caranya adalah menonjolkan blog anda. Maksud saya membedakan blog anda dari blog orang lain dari satu sisi.

Hmm..berani? Bisa? Akh, bagi yang menyatakan diri "bisa" silahkan membaca artikel ini sampai selesai demi penonjolan blog anda :D.


1. Judul Blog - Semuanya dimulai dari sini, judul blog anda. Seberapakah gampang nama blog anda diingat? Kalau anda menggunakan nama anda sebagai judul blog, tentu akan lebih mudah diingat. Bisa juga judul yang anda reka-reka sendiri sebagai pencerminan konten blog anda. Misalnya Info-Oke.com dengan judul Source of Information. Mungkin karena pemiliknya ingin memusatkan konten-konten blognya bertopik informasi.

2. Headline - Disamping membuat artikel yang luar biasa, menulis judul artikel yang menarik adalah hal terbaik yang bisa anda lakukan agar pengunjung membaca blog anda. Judul artikel yang mengandung sedikit kata itu harus kita manfaatkan agar singkat namun padat isi. Yaaa...gimana gitu deh :D.

3. Tingkat Kemanfaatan - Ada banyak blog bertebaran di jagat maya, namun tidak semuanya berguna sehingga hanya membuang waktu anda dengan konten yang tidak bermanfaat. Jadilah berbeda dengan menulis sesuatu yang berbeda. Dan pengunjung akan berterima kasih pada anda karena telah membuat artikel yang sedemikian bermanfaat buat mereka :)

4. Tingkat Pendalaman - Banyak blogger yang menulis artikel pendek-pendek disebabkan teruru-buru. Sama seperti makan, harusnya tidak terburu-buru. Jadilah berbeda, tulislah bagian-bagian yang lebih mendalam di artikel anda. Dan ingat juga, tulislah ringkas karena artikel yang panjang-panjang itu memang tidak terlalu menarik. Kuncinya adalah mengajak pembaca untuk menelusuri lebih dalam artikel anda. Lebih dalam dari blog lainnya

5. Gaya Penulisan - Inilah yang paling membedakan anda dari blogger-blogger lain, gaya penulisan! Apakah anda itu blogger dengan tulisan-tulisan yang menarik dan cemerlang? Maka 'nodailah' sedikit dengan humor :D. Toh itu tidak akan membuat artikel anda dijauhi orang lain.

6. Informasi Tambahan - Disamping menuliskan artikel, berilah informasi-informasi tambahan terkait artikel anda. Kalau perlu berikan juga beberapa link artikel blog orang lain supaya pembaca jadi lebih 'ngeh'. Jadilah lebih baik, lebih lengkap dan tentunya berbeda. Maka anda akan menang. Skak mat!

Diterjemahkan dengan pengubahan dari = NorthxEast : 15 Powerful Ways to Differentiate Your Blog from the Crowd

To Be Continued......


Category Article