Variasi Penulisan Link

Fiuuuuhh...akhirnya selesai juga Ulangan Tengah Semesternya (Mid-Test). Kini daku pun kembali bersemangat mencoret-coret tak karuan di blog ini...Hehehe...By the way, kayaknya Kak Vandy juga ikut berkeluh kesah akibat ulangan ini :D.

Huh! Mana ngisi jawabannya mesti dibuletin lagi...
Huh! Mana pake Lembar Kerja Komputer lagi...
Huh! Mana harus ujian di lab biologi lagi (soalnya semua ruang kelas sudah dipakai)
Huh! Mana pengawasnya banyak lagi...
Huh! Mana ada soal essaynya lagi...
Dan yang paling menyebalkan adalah harus remedial dikarenakan dua nilai ulanganku tak mencapai Standar Ketuntasan Minimal. Tapi nilai-nilai yang lainnya ada yang bagus, ada juga yang biasa-saja. Tersedia juga yang pas-pasan :D

Akh, udah-udah-udah. Kok ngomong nggak jelas begini. Ya udah, kita kembali ke....terserah anda mau bilang apa :D. Pada artikel kali ini kita akan bereksperimen dengan link. Tepatnya kita akan membuat variasi pembuatan link.

Tipe Pertama yang Lebih Efisien


Pada variasi pertama ini kita akan membuat variasi link dengan memanfaatkan kejadian sehari hari. Nah, kalau kode link yang biasanya <a href="http://nama-anda.com/blah.php"> itu ibarat keluar rumah dulu untuk berpindah ruangan dari ruang tamu ke dapur. Sementara kalau kode link <a href="/blah.php"> ibarat berpindah dari ruang tamu ke dapur melewati selasar rumah. Lebih efisien mana? Disamping itu, cara ini bisa menghemat waktu pengeksekusian blog kita menjadi lebih cepat :)

Tipe Kedua yang Otomatis


Variasi kedua ini bersifat 'otomatis' seperti keterangan diatas itu. Tapi, maksudnya 'otomatis' apa sih? Intinya, kita hanya perlu memasukkan suatu kode untuk membuat link itu. Contohnya seperti ini ; kalau kode link yang biasanya <a href="http://nama-anda.com/blah.php">, namun kode link variasi kedua ini adalah <a href="<data:post.url/>"> untuk link artikel blog dan <a href="<data:blog.url/>"> untuk link homepage blog. Cara kerjanya sedikit berbeda dari link standar, yaitu mencari data mengenai url artikel/homepage blog lalu menampilkannya. Karena perlu proses 'mencari data', maka loading page yang dibutuhkan sedikit lama.

Nah, silahkan anda coba sendiri di rumah...maksudnya di blog anda. Kalau anda punya ide, silahkan eksplor lebih jauh di dunia maya. Atau bila anda punya pengalaman lebih, bisa sharing di kotak komentar. Kalau punya uang lebih boleh kok beliin saya permen lollipop :D. Oke, see you.

Catatan : Setelah saya coba, variasi pertama bisa dipakai di platform Blogspot maupun Wordpress. Sedangkan variasi kedua hanya bisa digunakan di platform Blogspot.


Category Article