Google Analytics sebagai Alternatif Site-Tracker

Pernah dengar Google Analytics? Kalau belum biar saya perkenalkan kepada anda layanan ini. Sesuai namanya Google Analytics adalah layanan yang dipersembahkan oleh Google untuk penggunanya sebagai sarana menganalisis perkembangan situs. Dan tentu saja gratis! Syaratnya anda sudah harus mempunyai akun Gmail, itu saja kok :D.

Pertama-tama, kita akan mendaftar Google Analytics untuk lebih memahami layanan ini

1. Daftar Google Analytics. Anda akan diberi formulir yang berisi alamat blog, nama, negara dan zona waktu.

2. Selanjutnya anda akan diberi pilihan untuk memilih antara New Tracking Code dan Legacy Tracking Code. Keduanya sama saja, silahkan pilih salah satu. Masukkan ke dalam template anda sesuai petunjuk yang diberikan. Nah, dengan kode ini Google Analytics bisa melacak berapa pengunjung blog anda sehari, berapa pageviewsnya, darimana datangnya dan lain-lain bahkan pacarnya juga bisa dilacak :D

3. Setelah blog anda di-approve/verify, maka tunggu sekurang-kurangnya 24 jam untuk melihat statistik yang telah direkam pihak Google Analytics.

4. Jika anda malas mengunjungi dasbor Google Analytics, maka anda bisa berlangganan statistik itu untuk dikirim ke email anda dalam bentuk .pdf, .xml dan 2 format lain yg saya lupa. Caranya adalah klik tombol 'Email' dekat grafik trafik utama, lalu pada tab pilih Schedule dan kustomisasikan sesuai pilihan anda.

5. Yo wis, selesai :D

Karena membutuhkan fase pemasukan kode yang berupa javascript ke dalam template, maka hanya platform seperti Blogspot ini yang bisa memakainya, namun untuk pengguna Wordpress jangan khawatir. Anda bisa memakai plugin-plugin statistik yang bisa diunduh secara gratis seperti Wordpress.com Stats, StatPress atau CyStats. Dan para pengguna Joomla bisa memakai JoomlaStats yang bisa diunduh gratis juga.


Catatan : Sori ya pembaca kalau blog ini lama nggak update. Dikarenakan beberapa hari lalu daku terserang radang tenggorokan yang mengharuskan berhenti ngeblog sejenak. Maaf ya pembaca :D


Category Article