Setting Awal Plugin Wordpress

Pertama kali menjajal engine Wordpress? Dan bingung memilih plugin untuk meramaikan fitur blog anda? Jangan khawatir kawan, anda tidak sendirian... Semua blogger Wordpress sedang dalam keadaan sama. Nah, karena Wordpress memberikan pilihan kustomisasi melalui fasilitas pemasangan pluginnya (meskipun belum sehebat pemasangan widget di Blogspot :D), maka mari kita mempersiapkan apa yang dibutuhkan blog anda sebelum posting pertamanya (maksud saya bukan postingan "Hello World" yang biasa menghiasi blog baru wp). Ingat! Persiapan yang sempurna akan membuat hasil yang optimal ;)

Search Engine Optimization
Menurut saya, dalam hal seo Blogspot masih lebih beruntung dibanding Wordpress. Karena engine ini masuk dalam jajaran fitur-fitur Google, maka seo sedikit terbantu. Untuk mengantisipasinya, kita bisa mengunduh plugin sakti mandraguna bernama All in One SEO Pack. Plugin ini akan memasukkan metadata ke dalam theme dan artikel yang akan membantu seo. Dan bila anda menginginkan lebih, mungkin Simple Tags akan membantu. Plugin ini dapat melakukan lebih dari mengatur tag, seperti memberi tag pada halaman dan feed, memberi usulan tag berdasarkan artikel, menampilkan tag cloud dan banyak lagi. Ups, tambah juga Google XML Sitemaps yang akan membuat dokumen sitemap .xml dari blog anda. Setiap blog anda terupdate, sitemap anda akan terupdate dan beberapa search engine yang mendukung sitemap seperti Google, Yahoo, Ask dll.

Pengamatan Statistik
Sudah banyak orang yang mampir ke blog anda? Mungkin anda ingin melihat statistik dari blog anda untuk m-track seberapa banyak pengunjung anda setiap hari. Kalau untuk urusan ini saya serahkan ke Google Analyticator. Plugin ini akan membuat supaya theme Wordpress menerima kode-kode javascript Google Analytics. Tahu kan kalau kode javascript tak diterima di Wordpress. Tapi kalau anda belum mendaftar jadi pengguna Google, maka Wordpress.com Stats atau StatPress bisa dijadikan pilihan selanjunya. Hanya tinggal memasukkan kode API Wordpress untuk mengaktifkannya.

Antisipasi Spam
Tenang saja, bung! Wordpress telah memiliki beberapa plugin yang bisa mengantisipasi bot untuk menyepam kotak komentar anda. Yang paling saya suka adalah DYPM (Did You Pass Math?). Plugin ini akan menambahkan semacam soal matematika yang bisa dirubah formatnya di area kotak komentar. Dan karena hanya manusia yang bisa mengerjakan soal matematika, maka para bot yang akan menyerang kotak komentar akan langsung KO. Namun, apabila anda menginginkan pengunjung tidak perlu bersusah payah mengerjakan soal matematika, maka pakailah plugin legendaris bernama Akismet. Cukup memasukkan API key untuk mengaktifkannya, sama seperti plugin Wordpress.com Stats. Anda juga bisa melihatkan kepada pengunjung berapa jumlah spam yang terjaring Akismet ini.

Mendulung Dollar
Mulai memanfaatkan blog anda sebagai sarana pengiklanan? Cobalah plugin yang satu ini, All in One Adsense and YPN. Plugin ini akan menampilkan iklan Google Adsense atau Yahoo Publisher Network di artikel anda. Formatnya pun bisa diset sesuka hati. Atau bila anda menginginkan banner affiliasi di header terpasang secara acak, maka pakailah plugin Random/Rotating Ads. Jenis iklan yang ingin dipasang bisa dalam bentuk gambar, teks, flash dan sebagainya. Jumlah yang bisa dipasang pun tidak terbatas.

Rangkuman Link Download

Kalau anda punya referensi plugin lain dishare ya :)


Category Article