Apa itu HTML ?


Apa itu HTML ? Bagi yang belum mengerti mengenai HTML disini saya akan mencoba menjelaskan apa yang saya ketahui tentang HMTL, (Hyper Text Markup Language) adalah sejenis teks dokumen khusus berupa bahasa pemrograman yang digunakan pada web browser untuk menampilkan teks/tulisan maupun gambar. Biasanya dalam kode HTML tersebut diawali dengan tanda

dan diakhiri dengan tanda

. Perbedaannya adalah terletak pada tanda "/" yang menunjukkan awal dan akhir sebuah kode. Dokumen HTML sering juga disebut sebagai Halaman Browser karena ditampilkan pada Web Browser. Browser mengambil halaman Web dari Web server dan karena adanya Internet, halaman tersebut bisa berada di manapun di dunia.
Penulisan kode HTML biasanya menggunakan aplikasi seperti NotePad pada Windows, atau TextEdit pada Mac. Anda akan lebih paham jika Anda mencobanya sendiri bagaimana pembuatannya pada aplikasi tersebut. Jika kita sudah merasa nyaman dengan penggunaan HTML nantinya kita bisa lanjut untuk mempelajari perubahan style menggunakan CSS dan fitur-fitur lain yang biasa terdapat pada blogger yang tidak lepas juga dengan dasar HTML.

Sebagai catatan saja, jika ingin melihat kode CSS dari halaman web yang kita buka caranya adalah dengan klik kanan kemudian pilih View Page Source. Atau pada toolbar pilih View kemudian pilih Page Source. Atau cara paling cepat yaitu memencet tombol Ctrl dan U pada keyboard secara bersamaan.


Category Article , , ,