Berbeda? Mengapa Tidak (Seri 2)

Oke sodara-sodara semuanya! Sesuai perjanjian saya, kali ini kita akan membahas tips supaya blog anda menjadi berbeda dari blog kebanyakan. Berbeda dalam arti saya maksudnya berbeda dari sisi konten. Seperti yang pernah kita bahas di artikel sebelumnya. Yah, pada episode lanjutan ini akan saya tambahkan beberapa tips yang mungkin berhubungan.

Ya udah, tanpa banyak cuap-cuap lagi mari kita sambar saja tipsnya :D


Seringlah Bermain Gambar
Disamping headline, gambar yang anda tambahkan di artikel anda dapat mempengaruhi jumlah pembaca. Cobalah cari gambar yang muncul dalam benak anda saat menulis artikel. Misalnya saat saya menulis artikel ini, saya menambahkan gambar lewat Google dengan kata-kunci 'berbeda'.

Sesekali Menulis Artikel yang Aneh
Artikel apa yang orang lain bicarakan? Jika blog anda menulis artikel yang sama, maka anda sama seperti orang lain. Dan kalau bisa buatlah artikel yang agak nyeleneh tapi menarik. Artikel seperti inilah yang biasanya menarik perhatian. Terutama bila anda mensubmit artikel tersebut ke social bookmark. Bayangkan, pembaca akan berkata "Weh! Menarik nih. Sebarin ke temen-temen ahh". Bukan yang seperti "Yah! Ini lagi ini lagi...".

Untuk tips ini saya anjurkan supaya anda sering makan makanan pedas. Jadi, anda bisa sering-sering ke WC. Kenapa? Soalnya sebagian besar orang mendapat inspirasi untuk menulis artikel yang aneh ketika BAB di WC :D

Tulislah Sesuatu yang Kontroversial
Yah, kalau anda memiliki blog yang sudah terkenal, tak ada salahnya membuat artikel yang kontroversional. Anda mungkin mendapat serangan komentar yang 'pedas' bertubi-tubi, namun jangan khawatir. Asal semuanya terkendali, itu tak akan menyerang anda sampai yang dipikirkan. Tinggal tunggu dan lihat apa yang akan terjadi. Kontroversi membuat pembaca berpikir dan menyatakan pendapat. Bukankah kedua hal itu bagus?

Buatlah Orang Lain Berbicara
Selain kontroversial, anda mau kan orang lain berbicara mengenai artikel anda. Nha, inilah indahnya dunia yang penuh kontroversi. Dimana ada sesuatu yang kontroversial, disitulah pembaca akan terus berbicara. Contohnya sebut saja kasus webhosting antara Augusman Zalukhu dan Cosaaranda. Lihat saja, beritanya sampai menjalar ke mana coba?

Rayulah Pembaca dengan Pembuka Artikel
Perlu diketahui, paragraf pertama atau kedua mempunyai arti yang paling penting dalam artikel anda. Alasannya? Simpel saja. Misalnya anda ingin membuat artikel mengenai pembibitan mawar. Terasa aneh bila awalannya berceritakan pembibitan pohon mangga. Itu namanya Jaka Sembung naik ojek. Ga' nyambung Jek! :D

Bila pembukaan artikel anda seperti itu, pembaca pasti akan menggubrisnya. Tapi jika berbalik seratus delapan puluh derajat, maka orang sibuk pun akan meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel anda. Lihat! Bahkan detail sekecil ini bisa membawa perubahan.

Desain Minimalis? Mengapa Tidak?
Banyak blog di dunia maya terlalu banyak memasukkan banyak widget, entah itu gadget yang bisa diambil di mana saja, gambar-gambar bahkan skrip iklan. Lebih baik, singkirkan semua yang tidak bermanfaat. Anda cukup memiliki konten utama, widget-widget standar serta beberapa link yang anda anggap cukup bermanfaat. Selain itu semua, singkirkan saja. Background putih, font teks cukup standar blog lain. Dengan demikian blog anda akan menarik perhatian dan mudah diingat karena ciri-khasnya.

Berilah Ebook Secara Gratis
Bila anda mempunyai pemikiran tentang sesuatu, tetapi terlalu panjang untuk ditulis di blog, maka ebooklah solusinya. Ya, buatlah ebook yang temanya akan dapat cepat diserap masyarakat. Kalau sudah, berikanlah kepada pembaca. Kalau isinya bermutu mungkin pembaca akan berterima kasih kepada anda. Langkah selanjutnya perbolehkan mereka mengemail teman tentang ebook anda. Atau memberikan secara gratis pada blog mereka masing-masing. Dengan syarat tidak mengubah isi ebook serta link yang telah anda pasang di ebook itu.

Nomor Duakan Skrip Iklan
Skrip iklan memang sudah mendarah daging dalam dunia maya. Namun, cobalah untuk tidak terlalu memfokuskan diri pada skrip iklan. Memang sulit sih, namun cobalah perlahan-lahan. Mungkin anda juga akan terbiasa. Sejujurnya, saya nggak suka blog yang lebih banyak iklannya daripada kontennya sendiri. Kalau blog anda sudah cukup populer, bolehlah memasang skrip iklan. Toh, skrip iklan tidak akan mendatangkan dollar bagi blog yang masih 'kemarin sore'

Fokuslah Kepada Pembaca, Bukan Kepada Uang
Banyak blogger yang memihak uang. Padahal kita tidak tahu, hal ini akan mendatangkan benefit atau nggak. Yah, mereka itu mengutamakan uang daripada pembaca. Mengutamakan dompet daripada trafik. Padahal, kalau blog anda dijejali skrip iklan, hanya anda yang untung. Kalau anda mengutamakan konten untuk mendapatkan trafik, semua orang yang membacanya akan senang. Cobalah tanyakan ke diri anda sendiri. 'Hey, kamu tuh mementingkan uang atau trafik?'

Akh, karena sudah sore maka kita sudahi perjumpaan kita disini. Kalau ada pertanyaan silahkan mampir lagi ke gubukku. Sampai juga lagi pada pertemuan berikutnya :)

Diterjemahkan dengan pengubahan dari = NorthxEast : 15 Powerful Ways to Differentiate Your Blog from the Crowd


Category Article